Modal Awal Membangun Bisnis Online

Jika yang terlintas di pikiran Anda adalah uang. Anda salah.

Modal berupa uang dan berapa minimal nominalnya akan saya bahas lain waktu.

Sekarang saya akan bahas tentang modal yang jauh lebih penting dan harus Anda siapkan jauh-jauh hari sebelum memulai membangun bisnis online Anda.

Apapun jenis bisnis online Anda.

Setelah membaca artikel Andika Chandra berjudul Passion dan Rianto Astono berjudul Jangan Resign, mau tidak mau memaksa saya kembali mengenang awal mula kenal bisnis online 2009 silam.

Saya punya prinsip bahwa memulai bisnis agar sukses harus diawali dengan modal uang yang cukup.

Dengan modal uang, saya harus memulai bisnis dengan memiliki website personal, kemudian belajar teknik SEO paling ampuh agar muncul di halaman pertama Google, baru setelah itu saya akan panen profit yang melimpah.

Kalau boleh menghitung, sudah sekitar 10 lebih website yang saya buat untuk membangun kerajaan bisnis online.

Dan 10 lebih website itu pun dengan suksesnya tumbang dan tak menghasilkan apa-apa sampai detik ini saya menulis postingan ini.

Saya juga pernah terjebak pada euforia #UdahResignAja yang membuat pekerjaan formal saya tidak maksimal. Ditambah dengan bangganya bilang, “bisnis harus sesuai passion.” Meski pada akhirnya passion yang paling terlihat adalah browsing internet dan scrolling status media sosial para imers.

Dua tiga tahun ke belakang dengan sukses juga berhasil membuang uang puluhan juta hanya untuk memenuhi hasrat update tool dan strategi marketing terbaru yang berseliweran tiap bulan di Facebook dan inbox email.

Keberhasilan yang saya dapatkan apa?

Harddisk yang penuh dengan ebook, tools, ecourse tentang bagaimana menghasilkan uang dengan cepat dari internet yang tidak pernah saya baca, gunakan, maupun ditonton.

Lalu apa modal sebenarnya untuk memulai bisnis online?

Sebelum saya jawab pertanyaan di atas, pernah baca atau nonton nggak tentang seseorang yang “biasa” tetapi setiap bulan punya penghasilan rutin jutaan rupiah?

Orang “biasa” ini tidak pernah pamer ss penghasilannya untuk menarik perhatian kita untuk komentar di status Facebooknya. Tidak pernah berpikiran untuk mendapat titel “internet marketer”.

Dia hanya fokus menjalankan bisnisnya hanya bermodal smartphone dan kuota internet. Jualannya juga memakai cara organik. Bukan memakai FB Ads apalagi Google Ads.

Anda melihat kata “fokus” di atas?

Itulah modal awal membangun bisnis online pertama Anda.

Cukup browsing di Google atau Facebook tentang peluang bisnis online. Ketika sudah ketemu, pilih kemudian jalankan sampai berhasil atau dengan kata lain: konsisten.

Ya. Konsisten. Inilah modal selanjutnya setelah fokus.

Konsisten sampai menghasilkan.

Agar lebih jelas, saya akan berikan contoh yang saya ambil dari Youtube.

Bagaimana?

Sudah semakin jelas modal awal yang saya maksud?

Sekarang, saatnya Anda mempraktikkannya.

Di postingan selanjutnya, saya akan mengulas bisnis online apa yang pas untuk dijalankan dengan modal fokus dan konsisten.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Share on whatsapp

SUKA ARTIKEL INI?

Kami punya lebih banyak lagi! Bergabunglah dengan 100+ pelanggan setia kami.

1 thought on “Modal Awal Membangun Bisnis Online”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *